Minggu, 03 Mei 2015

[ GUIDE ] Ice Gearmaster in Volcano Nest by ZCuneAoi - "Ice versus Lava?"

  
   Yahallo! Nyahahaha kali ini kita kembali ke pokok bahasan agak serius yaitu guide Gearmaster ( GM ) di Volcano Nest. Seperti yang saya tulis, semua guide GM di blog di level 80 menggunakan build Ice GM, begitu pula dengan guide Nestnya. Untuk type dark dan light GM tidak akan saya buatkan guide nestnya, hanya sebatas guide basic yang bisa anda peroleh disini. Mengapa? Karena light ataupun dark Gearmaster sudah terlalu mainstream. Pertanyaan mendetail mengenai Gearmaster bisa anda tanyakan via Social Media milik om Zuckenberg disini.




New Costume


     Saya menyadari, tidak semua leader party memiliki pengetahuan yang baik mengenai Ice GM dan sering menganggapnya aneh. Bermain GM tidak seperti bermain class lainnya, disini anda dituntut bermain dengan smart serta penuh perhitungan. Banyak sekali tombol yang harus ditekan, timing, perhitungan, dan tanggung jawab di party. Namun disitulah yang membuat Gearmaster, Gearmaster! Semua info tentang Gearmaster saya rangkum di satu halaman, bisa anda klik halaman berikut. Saya tidak akan membuat guide lengkap class lain, hanya Gearmaster yang akan saya buatkan guide lengkapnya. Untuk project mini guide sendiri kemungkinan besar diisi oleh Light Fury dan Sting Breezer. Saya tidak akan menanggapi comment yang keluar dari topik, tentunya anda bisa membaca judul topiknya bukan?








Seperti biasa, agar tips Gearmaster di atas tidak terlihat seperti omong kosong, saya berikan contoh penerapannya. Dengan menganggap anda memiliki 2 tower filler, maka kekosongan cooldown tower akan diisi oleh Gatling dan Cannon Tower.












ICE GEARMASTER IN VOLCANO NEST

     Guide lengkap seperti ini, banyak menjadi pembicaraan di forum luar. Bahkan teman-teman saya di luar negeri juga membicarakan hal ini. Apakah mungkin saya membuat guide lengkap class lain seperti Moonlord ( paling banyak requestnya ). Saya katakan tidak, saya akan fokus guide lengkap di Gearmaster. Class lainnya akan menjadi tugas anda sebagai pembaca yang termotivasi. Tidak bisa membuat tips-tips dan trik-trik ekstreme seperti artikel GM saya? Saya percaya semua orang terlahir dengan keahlian masing-masing dan punya pemikiran yang berbeda. Anda hanya perlu menulis dan membuatnya dengan gaya anda. Gaya ekstreme dan presisi dalam timing dan lokasi summon merupakan gaya saya menulis guide GM. Saya yakin banyak guide GM level 80 diluar sana, tapi saya jamin anda tidak akan pernah menemukan yang seperti ini. Cukup chit-chatnya, kita masuk ke bagian inti!

     Inti dari Ice Gearmaster adalah posisi Ice Tower, disiplin dalam cast MM Ice, dan Chemical Grenade. Namun bagaimana membuat kita sadar dan disiplin dalam spam MM Ice? Jawabannya cukup mudah, dengan trik MM setelah Chainsaw, anda amati pergerakan target. Apabila dimungkinkan maka anda cast MM Ice, apabila berbahaya maka stop. Anda bisa pula sengaja cast MM untuk filler, dan lanjutkan dengan MM Ice. Semua yang ditulis di guide ini bukan merupakan hasil copy translate dari Guide lain, semua tulisan disini orisinil.






Setelah melempar kapsul Chainsaw, segera cast MM agar Chainsaw mendapat upgrade +30% attack. Dalam contoh video di atas, Spyder sangat mobile sehingga saya harus mengamati terlebih dahulu sebelum memutuskan cast MM Ice.




Video di atas juga menunjukkan saya mengamati sebentar serangan Spyder dan menunggunya di akhir animasi. Setelah itu saya summon Ice Tower karena setelah berpindah tempat, biasanya Spyder akan stay di posisinya selama 3-7 detik. Tidak lupa, setelah cast Chainsaw anda cast MM.

" Satu hal yang perlu anda perhatikan adalah, semua mekanik stage di Volcano Nest bisa dicancel oleh Mecha Siren dan Electrocuted level 6 ke atas dari Mecha Shock. Syaratnya, target harus dalam keadaan beku ketika terkena salah satu skill di atas."







Video full run Volcano Nest - Ice GM Aoi












STAGE 1 LIZZARD POPOTE FEAT F*CKIN GIANT SPYDER






























Video di atas cukup menjelaskan Electrocuted bisa cancel Mekanik Lizzard.










Simple, ketika membawa Ice Stacker dan terjadi mekanik... anda melihat masih menempel beku alias ice layer di tubuh target, maka anda bisa summon Tower masuk ke dalam kurungan dari luar. Tower akan otomatis hit Lizzard, damage terjadi hingga lapisan es pecah.



























STAGE 2 FURIOUS LUGA AKA "HULK"














Ketika anda sudah paham benar timing dodge triple stomp dengan MM, disini triknya! Ketika jeda antara stomp ke 2 menuju stomp ke 3, ada interval waktu yang cukup lama.  Anda gunakan untuk menembakkan MM Cannon 1x dan ketika tangan Hulk hendak stomp lantai, anda dodge dengan MM. Trik ini butuh feels dodge MM yang baik, dan seperti biasa dodge triple stomp dengan MM akan membuat anda terbiasa. Bandingkan dengan melompat, anda tidak bisa melakukan hit damage. Sedangkan dodge dengan MM anda bisa mencuri  1 hit MM Cannon! Saya tidak menganjurkan trik ini apabila anda bermain GM masih suka panik dan timing dodge MM anda amburadul.




Variasi 1



Variasi 2
































Sama seperti video di Lizzard tadi, ketika Hulk cast mekanik dan masih terdapat ice layer menempel, anda bisa fokus hit Hulk sampai ice layernya pecah!






























STAGE 3 FLAMING FLOWER GEMSTALKER





Kalau anda cukup yakin dengan kontrol damage dan kualitas anda handling timing summonnya, anda bisa cast Mecha Duck dan abaikan peringatan kalau Mechaduck bisa membuat kristal pecah. Karena pada dasarnya, setelah saya terbiasa berada di Volcano Nest, saya selalu cast Mechaduck di Stalker. Tidak terjadi hal yang fatal.

Dengan memperhitungkan kualitas DPS party, maka kita mengambil kesimpulan kapan kita akan KoS Stalker. Paling baik apabila damage party cukup tinggi, anda KoS setelah Stalker melakukan check Gem di x2.

















































STAGE 4 DIVINE CROCODILE KRANOS



Sama seperti stage Stalker. Kalau anda cukup yakin, anda bisa cast bebek. Untuk mekanik fire soul, Kronos tidak akan mengamuk apabila yang hit dirinya adalah summon. Jadi anda bisa summon Tower dan Mechaduck untuk membantu membersihkan Fire Soul. Namun, Mechaduck ketika menghantam target adalah damage dari summoner. So, anda summon Mechaduck di tempat yang agak jauh.






























Trik TD mekanik




Trik TD lainnya










FINAL STAGE PHOENIX LAVANOX



























Salah satu video bukti Mecha Siren dan Mecha Shock bisa cancel skill di Volcano, bahkan mekanik Rotating Fire Breath milik Phoenix sekalipun!






Ketika anda menjadi orang yang harus tetap hit Phoenix dalam mekanisme Black Mark alias tanda hitam, anda bisa melakukan urutan skill seperti di video untuk damage yang optimal.










Kasusnya sama seperti video sebelumnya, anda menjadi orang yang ditunjuk party agar tetap hit di si Phoenix ketika Black Mark. Tipsnya simple, utamakan summon tower lalu hit Phoenix dengan MM.













HAPPY DRAGON NEST ^^